Penandatanganan MOU Antara PN Bangko dan STIH YPM

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum YPM (STIH YPM) melakukan kerjasama dengan Pengadilan Negeri Bangko. Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) atau Nota Kesepahaman, berlangsung Kamis, 29 April 2021 di STIH YPM.

Hadir pada acara penandatangan MOU tersebut dari Struktural STIH YPM yaitu, Harmaini S,Pd., S.H., M.H. (Ketua STIH YPM), Syarif Lovedly, S.Psi., M.M. (KA BAK/AU), Fitri Kartika Sari S.H., M.H. (Ketua Prodi Hukum), Febrian Chandra, S.H. M.H. (Sekretaris Prodi Hukum), Barita Pane, S.H., M.H. (UPPM), Ruwaiza Sasmita, S.Pd., M.Pd. (UPM). Serta di saksikan langsung oleh Presiden BEM STIH YPM beserta Jajaran dan Mahasiswa STIH YPM.

Sementara itu dari pihak PN Bangko dihadiri oleh, Salman Alfarasi,S.H.,M.H. (Ketua PN Bangko), Miryanto, S.H., M.H. (Humas/Hakim PN Bangko), Amir El Hafidh, S.H. (Jubir/Hakim PN Bangko), Dr. Sayed Fauzan, S.H., M.H. (Hakim PN Bangko), Denihendra ST Panduko, S.H., M.H. (Hakim PN Bangko), Daniel Elisa Setiawan Simanjuntak, S.H., M.H. (Hakim PN Bangko), Nizom, S.H.,M.H (Panitera PN Bangko), Hilmi Arfan S.T. (Sekretaris PN Bangko).

Dalam penandatangan MOU ini juga turut dihadiri oleh Advokat Posbakum PN Bangko, Toni Irwanjaya, S.H. dan Fadhil Ahmad Ridho, S.H. Serta disaksikan langsung juga oleh Mahasiswa Magang Fakultas Hukum Universitas Jambi.Menurut Ketua STIH YPM, Harmaini, S.Pd., S.H., M.H. “MOU ini sebagai landasan berpijak STIH YPM dan PN Bangko untuk pelaksanaan program bersama kedepan untuk kemajuan masing-masing Intitusi, serta untuk pengembangan ilmu pengetahuan hukum yang berbasis praktek, selanjutnya terkait dengan persidangan online melalui live streaming diharapkan dapat mempermudah Mahasiswa STIH YPM untuk mengakses dan mempelajari persidangan secara langsung dimanapun Mahasiswa berada”

Apresiasi yang besar juga diberikan oleh Ketua STIH YPM atas terlaksananya MOU ini karena dibulan Ramadhan dapat dilaksanakan MOU yang dapat meningkatkan tujuan akademik menghasilkan lulusan yang beretika, terampil dan jujur. Untuk selanjutnya MOU ini diharapkan dapat menghasilkan program bersama yang lebih besar seperti halnya Kuliah Umum ataupun Seminar yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Ketua Pengadilan Negeri Bangko, Salman Alfarasi, S.H., M.H. yang turut memberikan sambutan pada acara penandatangan MOU ini menyatakan “Pengadilan merupakan tempat pendidikan, kita ingin menjadikan pengadilan in laboratorium bagi para akademisi dan masyarakat untuk belajar dunia hukum, pengadilan bukan hanya soal sidang, lebih dari itu lewat kerjasama yang terjalin ini diharapkan terus berlanjut dan mempunyai program-program yang bermanfaat, seperti halnya mendirikan Pojok PN Bangko di STIH YPM, sehingga PN Bangko dapat diakses dari Kampus ini. Selain itu PN Bangko juga memiliki hakim-hakim yang berkompeten untuk menjadi Dosen Tamu di STIH YPM ini, ada yang sudah berpendidikan Doktor maupun Magister. Selanjutnya terkait dengan Praktek persidangan maupun magang yang akan diselenggarakan oleh STIH YPM, PN Bangko akan menyambut baik program tersebut karena pendidikan tanpa praktek itu innocent

Selain itu lewat kerjasama ini Ketua Pengadilan Negeri Bangko mengharapkan walaupun kita di daerah, tetapi kita harus tetap menunjukkan keunggulan kita, dengan cara saling bekerjasama dalam konteks secara professional. Dalam kesempatan ini PN Bangko juga memperkenalkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di PN Bangko yang dapat mempermudah birokrasi.

Ketua PN Bangko berpesan kepada Mahasiswa silakan dimanfaatkan dengan baik kerjasama ini dengan cara professional. Selanjutnya beliau juga berterima kasih karena telah menyambut baik PN Bangko di STIH YPM dan berharap kerjasama ini dapat memberikan keberlanjutan kedepannya.

Dalam acara penandatangan MOU ini juga dilakukan sesi tanya jawab dengan mahasiswa, serta pengenalan persidangan oleh Dr. Sayed Fauzan, S.H., M.H. (Hakim PN Bangko).

Profil Mitra kerjasama (PN Bangko) tersedia pada video berikut: https://www.youtube.com/watch?v=WynU31mtnRo

Penulis : Febrian Chandra

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *